Sosmed  

Penyebab Virtual Background Zoom Tidak Jelas & Cara Mengatasinya

Virtual Background Zoom Tidak Jelas

Virtual background pada Zoom dapat membuat penampilan kamu, menjadi lebih baik. Namun, di sisi lain penampilan kamu malah menjadi buruk dan mengecewakan. Penyebabnya karena virtual background Zoom tidak jelas, dan mampu merusak penampilan kamu saat rapat online, atau saat belajar online.

Virtual background merupakan salah satu fitur, yang tersedia di Zoom. Awalnya fitur ini sangat dibutuhkan dalam menjalani aktivitas belajar atau rapat online di Zoom. Sayangnya, jika kamu tidak dapat memanfaatkan fitur ini dengan baik, alhasil kamu justru mendapatkan dampak buruk dari adanya fitur ini.

Penyebab Virtual Background Zoom Tidak Jelas

Ada berbagai penyebab, mengapa virtual background pada Zoom tidak bagus atau jelas. Berbagai penyebab ini seharusnya bisa kamu ketahui untuk lebih paham mengenai masalah kurang bagusnya virtual background. Memang perlu diketahui bahwa virtual background, merupakan salah satu hal yang penting.

Virtual background yang bagus, dapat memberikan kesan positif orang-orang terhadap diri kamu saat rapat online. Namun, di sisi lain kalau virtual background kamu tidak jelas bahkan mengecewakan maka jangan heran jika orang-orang akan memandang kamu sebelah mata dan menilai kamu secara negatif dan jelek.

  • Pencahayaan Redup

Masalah pertama yang harus kamu ketahui, mengenai mengapa virtual background Zoom tidak bagus karena pencahayaan yang redup. Pencahayaan yang redup menjadi salah satu faktor yang menjadikan virtual background jadi tidak jelas. Masalah yang satu ini, harus kamu ketahui dengan baik dan pahami.

Pencahayaan yang redup, membuat background tidak tampil dengan maksimal. Bahkan dampak buruknya, background malah menutupi wajah kamu. Sesuatu yang harus kamu hindari karena wajah kamu menjadi tidak jelas. Dampaknya kamu tidak dapat presentasi atau belajar dengan maksimal karena masalah ini.

  • Background Tidak Rata

Penyebab kedua, mengapa background tidak jelas adalah permukaan background. Kamu harus tahu bahwa permukaan latar belakang berpengaruh terhadap tampilan background. Dalam banyak kasus penyebab background tidak jelas karena permukaan tidak rata. Hasilnya sebagus apapun backgroundnya.

Kalau kamu tidak berada di background yang rata, maka jangan terlalu berharap tampilan background kamu akan maksimal. bisa saja keinginan kamu untuk memberikan persembahan yang terbaik saat melakukan presentasi di rapat online, justru malah menjadi buruk karena background kamu tidak jelas.

  • Warna Background dan Baju Sama

Virtual Background Zoom Tidak Jelas selanjutnya adalah warna background dan baju sama. Masalah yang satu ini sering kali tidak disadari orang. Misal kamu ingin memasang background dengan warna biru, namun kamu menggunakan baju dengan warna biru, atau warna yang mendekati warna biru. 

Mengatasi Virtual Background Zoom yang Tidak Jelas

Kalau sudah mengetahui penyebabnya, maka langkah berikutnya adalah mengetahui bagaimana solusinya. Ada berbagai solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah virtual background yang tidak jelas. Berbagai masalah ini sejatinya bisa untuk referensi ke depannya. Berikut ini cara-caranya.

  • Gunakan Warna yang Jelas

Pertama-tama pastikan Anda berada di depan tembok atau latar dengan warna yang kuat seperti hijau, biru, atau warna putih. Tujuannya agar virtual background, dapat mengunci latar belakang kamu sehingga kamu bisa menampilkan virtual background yang bagus.

  • Menambah Lampu

Cara mengatasi berikutnya adalah dengan menambah lampu. Kamu jangan bergantung pada lampu kamar atau ruangan saja. Diusahakan kamu harus memberikan lampu tambahan supaya pencahayaan lebih maksimal. Dengan begitu, kamu bisa menghasilkan virtual background Zoom yang lebih jelas dan bagus.

Berbagai penyebab dan cara mengatasi masalah virtual background Zoom tidak jelas merupakan masalah yang sering terjadi sehari-hari. Dengan mengetahui masalah ini kamu menjadi lebih mudah dan mengetahui bagaimana cara mengatasi jika virtual background pada Zoom tidak jelas.