Kenapa Kuota Kemendikbud Tidak Bisa Digunakan? Penyebab dan Cara Mengtasinya

Kuota Kemendikbud

Kuota kemendikbud untuk tahun 2021 ini sudah kembali hadir dan bisa digunakan loh, hanya saja ada beberapa orang yang mengeluhkan masalah. Misalnya kuota tidak bisa digunakan atau jaringannya lelet, apakah kamu salah satu korban juga? Yuk simak penyebabnya di bawah ini!

Semenjak adanya pandemi dan anjuran pemerintah untuk belajar dirumah, kemendikbud sudah memberikan upaya fasilitas yang bisa digunakan oleh tenaga pengajar dan para pelajar.

Fasilitas tersebut berupa kuota belajar gratis yang bisa dimanfaatkan sebagai fasilitas belajar di rumah secara online.

Namun, sayangnya ditengah banyaknya bantuan dari pemerintah seperti salah satunya kuota belajar ini, selalu ada masalah yang datang.

Misalnya saja lelet yang tak berkesudahan hingga keluhan kuota belajar yang tidak bisa digunakan. Apa sih penyebabnya? Atau, bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Kuota Kemendikbud Tidak Bisa Digunakan

Pertama-tama, ada baiknya kita mencari tahu apa penyebab kuota kemendikbud tersebut tidak bisa digunakan. Jadi, jika penyebabnya memang dari kita pribadi, kita bisa meminimalisir masalah tersebut, bukan?

Ternyata, setelah mimin mencari tahu, ada beberapa alasan mengapa kuota dari kemendikbud ini tidak bisa diakses. Alasan tersebut adalah:

  1. Kamu mengakses aplikasi yang sudah diblokir oleh pihak kemendikbud. Kamu juga harus tahu, beberapa aplikasi memang akan secara otomatis diblokir jika menggunakan kuota belajar ini.
  2. HP kamu sedang mengalami masalah alias sedang error. Terkadang penyebabnya memang dari perangkat yang kita gunakan. Tidak jarang perangkat ini bermasalah dan berimbas kepada tidak bisanya digunakan jaringan internet.
  3. Kuota internet dari Kemendikbud kamu memang sudah habis terpakai. Coba ingat-ingat, kapan masalah ini muncul? Apakah memang kamu sudah menggunakan semua maksimal kuota yang diberikan?
  4. Menggunakan aplikasi atau perangkat dengan akses VPN. Jangan malu, semua orang terkadang punya niat dan ingin menggunakan VPN. Sayangnya, jika kamu menggunakan VPN pakai kuota internet ini maka akan semakin lelet loh!
  5. Jaringan yang memang bermasalah, tidak stabil atau bahkan sedang tidak ada jaringan.

Cara Mengatasi Paket Internet Kemendikbud Yang Tidak Bisa Digunakan

Nah, setelah tahu penyebabnya, apakah ada cara mengatasinya? Tentu saja ada! Berikut beberapa cara yang mimin sarankan, yaitu:

  1. Periksa layanan jaringan kamu, apakah sedang tidak baik atau tidak terhubung? Jika iya, tunggu hingga kembali normal.
  2. Jangan gunakan VPN dan jangan membuka aplikasi yang diblokir Kemendikbud.
  3. Periksa sisa kuota.
  4. Restart HP jika masih error.

Baca juga:

Sekianlah informasi tentang kuota Kemendikbud yang tidak bisa digunakan. Hindari penyebab dan atasi dengan langkah-langkah di atas, ya!