Sosmed  

Kenapa Background Zoom Menutupi Wajah? Simak Cara Mengatasinya

Kenapa Background Zoom Menutupi Wajah

Hal yang cukup mengganggu saat kita menggunakan aplikasi Zoom adalah saat background yang kita gunakan justru menutupi wajah. Hal itu tentu membuat proses berkomunikasi sedikit terganggu bukan? Lantas, kenapa background Zoom menutupi wajah bisa sampai terjadi?

Jika kamu bertanya hal tersebut, alasan utamanya adalah karena kesalahan dalam menentukan background yang dipilih. Bisa juga karena pencahayaan di tempat kamu live meeting menggunakan Zoom terlalu gelap atau terlalu terang sehingga aplikasi Zoom sulit mengenali wajah kamu di kamera.

Kenapa background Zoom Menutupi Wajah?

Seperti sempat dibahas di atas, background Zoom yang menutupi wajah bisa disebabkan karena beberapa hal. Namun yang kerap terjadi adalah karena faktor pencahayaan atau background yang memiliki warna terlalu mirip dengan warna baju atau wajah kita. Berikut pembahasan selengkapnya:

1 – Cahaya Terlalu Terang

Jika kamu menggunakan cahaya yang terlalu terang saat sesi live di Zoom, bisa jadi efek cahaya tersebut akan membuat detail wajah menjadi tidak jelas sehingga kamera tidak dapat mendeteksi di mana letak wajah kamu. Terlebih jika kamu menggunakan background virtual, hasilnya bisa sampai menutupi wajah.

Hal yang biasa terjadi saat menggunakan Zoom adalah kita menggunakan lampu yang terlalu dekat dengan wajah sehingga dapat memberikan efek silau pada saat di kamera. Karena terlalu fokus dengan meeting yang diikuti, hal tersebut justru tidak diperhatikan dan membuat tampilan di kamera tidak optimal.

2 – Cahaya Terlalu Gelap

Hal yang sama juga bisa terjadi jika kondisi cahaya di sekitar kita saat live terlalu gelap. Baik background yang ada di belakang kita, maupun wajah kita sendiri akan terlihat samar dan membuat kamera kesulitan menentukan batas antara wajah kita dengan background.

Hal ini sangat berpengaruh ketika kita menerapkan background virtual karena pada saat background virtual di aktifkan, maka kuncinya adalah pengenalan wajah dan background di belakangnya. Jika hal itu sulit dilakukan, maka background akan cenderung menutupi wajah kita.

3 – Masalah Pada Kamera

Background yang menutupi wajah juga bisa terjadi karena masalah pada kamera yang digunakan untuk melakukan pertemuan online di Zoom. Jika kamu menggunakan laptop, bisa jadi masalah tersebut datang dari webcam yang digunakan. Bisa juga dari kamera depan jika kamu menggunakan HP.

Untuk itu, perlu untuk memastikan bahwa kamera yang digunakan untuk melakukan pertemuan Zoom dalam keadaan yang normal. Artinya, kamera tersebut tidak menangkap cahaya terlalu terang, bisa menangkap cahaya dengan cukup sehingga hasilnya tidak gelap, dll.

Cara Mengatasi Background Zoom Menutupi Wajah

Setelah kita mengetahui kenapa background Zoom menutupi wajah, tentu kita bisa melakukan beberapa hal untuk mengatasinya.

Dari pembahasan sebelumnya, dapat kita simpulkan beberapa hal berikut ini untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu:

  • Mengatur pencahayaan di sekitar kita agar tidak terlalu terang atau terlalu gelas. Pastikan batas wajah kita dengan background di belakangnya bisa dibedakan dengan mudah.
  • Melakukan live di depan background yang polos seperti tembok yang hanya memiliki satu warna, kain polos, dll.
  • Menggunakan kamera eksternal jika ada masalah pada kamera bawaan laptop/PC.
  • Atur komposisi kontras, color, atau pengaturan dasar lainnya pada kamera di HP/laptop yang digunakan.

Kenapa background Zoom menutupi wajah bisa terjadi karena beberapa alasan seperti contoh di atas. Silakan lakukan beberapa cara mengatasinya jika kamu merasa terganggu dengan masalah tersebut. Meskipun sepele, tetapi wajah yang sering tertutupi bisa mengganggu pembicaraan kita di Zoom.