Sosmed  

Cara Menghapus Coretan di WhatsApp (WA)

Cara Menghapus Coretan di WA

Tidak hanya teks saja, kita juga bisa mengirimkan foto, audio dan video lewat WhatsApp. Terkadang, saat kita mengirimkan foto, kita akan mencoretnya untuk memberikan keterangan agar lebih mudah dipahami. Lalu, bagaimana cara menghapus coretan di WA, terutama di foto?

Sebenarnya, tidak hanya coretan saja, terkadang pengguna WhatsApp juga membubuhkan emoji, stiker, teks dan lain sebagainya ke dalam foto yang mereka bagikan. Nah, kali ini kita akan membahas bagaimana cara menghilangkan hal-hal tersebut di foto WhatsApp.

Kenapa Ada Coretan di Foto WA?

Sebelumnya kita akan membahas alasan kenapa orang sering mencoret foto yang mereka kirimkan lewat WA. Coretannya bisa beragam, selain petunjuk manual, juga stiker, emoticon, teks dan lain sebagainya.

Sebenarnya tujuannya hanya satu, yaitu untuk membuat si penerima langsung paham dengan maksud dari foto tersebut. Jadi tidak perlu memberikan keterangan sendiri di fotonya.

WhatsApp memang sengaja menyediakan fitur editing di aplikasinya. Jadi pengguna bisa edit foto sebelum mengirimkannya ke orang lain.

Namun, terkadang kita membutuhkan foto asli tanpa coretan untuk keperluan lainnya. Nah, daripada merepotkan orang lain dengan menyuruh mereka kirim ulang, kita bisa melakukannya sendiri.

Tidak perlu khawatir, cara menghapus coretan di WA sangat mudah, karena sudah ada aplikasinya. Dengan aplikasi tersebut, coretan di WA bisa dihapus dengan sempurna.

Hasilnya tentu saja bersih, intinya bebas dari coretan-coretan yang ada sebelumnya. Kamu bisa mempelajari bagaimana cara menghapus coretan tersebut dengan membaca tutorial di bawah ini.

Cara Menghapus Coretan di WA

1. Retouch Photos: Remove Unwanted Objects From Photo

Kamu bisa menghilangkan coretan yang tidak diinginkan di WA dengan aplikasi Retouch Photos: Remove Unwanted Objects From Photo.

Sesuai namanya, aplikasi ini akan memudahkanmu dalam menghapus objek yang tidak kamu inginkan di foto. Hasilnya akan sempurna, foto akan kembali seperti aslinya, seakan belum dicoret sama sekali.

Aplikasi ini bisa kamu download gratis dari Google Play. Jika belum tahu cara menggunakannya, kamu bisa mempelajari langkah-langkahnya di bawah ini :

  1. Download Retouch Photos: Remove Unwanted Objects From Photo.
  2. Setelah selesai terpasang, buka dan jalankan aplikasinya.
  3. Setelah aplikasi terbuka, klik Start untuk memulai.
  4. Lalu pilih Object Remove untuk masuk ke menu hapus objek dari foto.
  5. Kemudian pilih foto WA yang ingin kamu hapus coretannya.
  6. Setelah foto berhasil dimasukkan ke aplikasi, pilih Tool Brush lalu pilih/seleksi area foto yang ingin kamu hilangkan.
  7. Kamu juga bisa menggunakan Tools Lasso untuk menyeleksi bagian-bagian foto yang tidak diinginkan.
  8. Jika semua bagian yang tidak kamu inginkan sudah terseleksi, maka tinggal klik GO untuk mengaplikasikannya.
  9. Secara otomatis objek-objek yang tidak kamu inginkan akan terhapus dari foto.
  10. Jika masih ada objek yang belum terhapus dengan sempurna, ulangi lagi cara persis seperti di atas.
  11. Terakhir, kamu klik Save untuk menyimpan hasilnya ke galeri HP.

2. Photo Editor

Aplikasi lain yang juga bisa kamu gunakan untuk menghapus coretan di WA adalah Photo Editor. Berikut cara menggunakannya :

  1. Download Photo Editor dari Google Play/App Store.
  2. Setelah Photo Editor terpasang di HP, buka dan jalankan aplikasinya.
  3. Lalu klik Photos untuk mengunggah foto yang ingin diedit.
  4. Jika sudah, klik Clone dan arahkan ke bagian foto yang ingin disalin (letakkan di bagian foto yang bersih bebas coretan).
  5. Selanjutnya tekan objek di foto yang ingin dihilangkan, atur lingkarannya agar sesuai.
  6. Jika sudah sempurna, klik Save untuk menyimpannya di galeri HP.

Cara menghapus coretan di WA mudah, bisa menggunakan Retouch Photos, Photo Editor dan aplikasi sejenis. Cara menggunakannya hampir sama, kurang lebih seperti tutorial di atas.