Cara Menjernihkan Video di CapCut

Cara Menjernihkan Video di CapCut

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi edit video Capcut adalah kemampuannya untuk membuat gambar menjadi jernih dan terlihat HD. Alhasil, aplikasi ini banyak digunakan oleh para TikTokers untuk membuat konten mereka. Cara menjernihkan video di Capcut sendiri juga terbilang mudah.

Tidak hanya menjernihkan video saja, Capcut juga memiliki beragam fitur video editing lainnya seperti memotong video, menggabungkan video, memberi tambahan efek, hingga menggunakan filter. Khusus untuk menjernihkan video di Capcut, silakan simak pembahasannya pada artikel berikut ini.

Apa Itu Capcut?

Sebelum mulai mengedit video menggunakan Capcut, sebaiknya kamu mengenali aplikasi ini terlebih dahulu. Capcut adalah aplikasi edit video yang dikembangkan perusahaan yang sama dengan pembuat TikTok, yaitu Bytdance. Tak sedikit yang akhirnya membuat konten TikTok menggunakan aplikasi ini.

Selain karena pilihan efek dan filter yang melimpah untuk diterapkan, aplikasi ini juga memiliki kemampuan edit video yang cukup lengkap, salah satunya adalah membuat tampilan video menjadi lebih jernih dan terlihat HD sehingga akan membuat orang yang melihatnya lebih puas setelah diposting.

Aplikasi ini gratis dan bisa digunakan oleh pengguna Android maupun iOS. Silakan download aplikasi ini di Play Store jika kamu adalah pengguna Android, atau mendownloadnya di App Store jika kamu adalah pengguna Apple.

Cara Menjernihkan Video di Capcut

Setelah mengetahui apa itu Capcut, kini kamu bisa mencoba aplikasi ini untuk menjernihkan video yang kamu miliki. Jika video yang kita posting di media sosial tidak jernih, terkadang akan membuat perasaan yang kurang puas. Untuk itu, silakan ikuti petunjuk di bawah ini untuk menjernihkan video di Capcut:

  1. Pertama, silakan download dan install aplikasi Capcut terlebih dahulu di Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iOS.
  2. Setelah itu, jalankan aplikasinya.
  3. Jika sudah, silakan buat proyek baru.
  4. Pilih video yang ingin kamu jernihkan atau ubah menjadi lebih HD.
  5. Selanjutnya, kamu akan memasuki halaman pengeditan video. Silakan pilih tool Kanvas.
  6. Setelah itu, pilih Latar Belakang.
  7. Pada pengaturan latar belakang, silakan klik tanda Plus (+) untuk menambahkan gambar/foto sebagai latar belakang.
  8. Sekarang kamu bisa menggabungkan background foto tadi di belakang video sehingga video yang bersangkutan tidak lagi pecah dan bisa disesuaikan agar terlihat HD.
  9. Jika sudah, kamu bisa menyimpan videonya dan mengakhiri proses pengeditan.
  10. Selesai.

Pada dasarnya, membuat jernih video di sini bukan berarti video tersebut meningkat resolusinya secara drastis. Akan tetapi, kita bisa mengakalinya dengan memberi tambahan background agar video tidak dibuat membesar dan terlihat pecah saat diputar dengan resolusi yang lebih tinggi.

Apakah Cara Menjernihkan Video di Aplikasi Capcut Ampuh dan Pasti Berhasil?

Sayangnya, jawabannya adalah tidak selalu, tetapi bisa diusahakan agar terlihat lebih HD. Caranya yaitu dengan menambahkan background di belakang video sehingga saat diputar dengan resolusi yang besar, video tetap pada ukuran optimalnya karena di bagian tepinya ditimpali dengan gambar tambahan.

Meski begitu, sebagian pengguna mengatakan bahwa aplikasi ini bisa membuat video menjadi lebih HD, terutama untuk video-video anime. Jika benar begitu, tentu kamu bisa menggunakan aplikasi ini jika video yang kamu edit adalah video anime atau video lain yang sejenis.

Cara menjernihkan video di aplikasi Capcut sebenarnya sangatlah simpel dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Jika cara di atas kamu rasa cukup membantu, maka kamu bisa mendownload aplikasi ini dan menggunakannya untuk mengedit video milikmu. Selamat mencoba!