Sosmed  

Cara Melihat Draft Reels Instagram, Membuat dan Menghapus

draft reels instagram

Salah satu kelebihan Instagram reels adalah kemampuannya menyimpan video yang belum selesai diedit. Video tersebut nantinya akan tersimpan di dalam draft dan bisa dilanjutkan pengeditannya di lain waktu. Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu cara melihat draft Reels Instagram tersebut.

Beberapa pengguna cenderung mengedit ulang video reels yang sudah mereka buat sebelumnya karena tidak tahu jika video yang sebelumnya masih bisa dilanjutkan pengerjaannya. Jika kamu termasuk yang masih bingung dengan letak draft reels di Instagram, silakan simak penjelasannya di artikel berikut ini.

Cara Membuat Draft Reels Instagram

Sebelum mengetahui letak dari draft Instagram reels, sebaiknya kamu juga mengetahui cara membuat draft reels di Instagram terlebih dahulu. Agar kamu bisa mengetahuinya lebih jelas, silakan ikuti petunjuk di bawah ini:

  1. Pertama, buka aplikasi Instagram di HP kamu.
  2. Jika sudah, silakan masuk ke akun Instagram milikmu.
  3. Setelah itu, klik ikon bertanda Plus (+) di kiri atas layar.
  4. Setelah itu, pilih mode Reels.
  5. Silakan rekam video atau ambil video dari Galeri.
  6. Jika sudah, klik Cuplikan.
  7. Selanjutnya, kamu bisa menambahkan teks, memberi tambahan audio, dll.
  8. Jika sudah, klik Berikutnya.
  9. Sampai di sini kamu bisa memposting video tersebut. Jika belum ingin mempostingnya, kamu bisa pilih opsi Simpan Draft di bagian bawah.
  10. Selesai.

Sampai di tahap ini, video tadi sudah berhasil disimpan di dalam Draft sehingga kamu bisa menutup aplikasi Instagram jika ingin menggunakan aplikasi lain atau sedang sibuk dan ingin mengurusi hal yang lain.

Cara Melihat Draft Reels Instagram

Jika kamu ingin melanjutkan video reels yang sudah kamu buat sebelumnya, maka kamu harus mengakses halaman draft terlebih dahulu.

Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi membuat atau mengedit ulang video yang ingin kamu posting tadi. Berikut adalah cara untuk melihat halaman draft reels Instagram:

  1. Setelah masuk ke aplikasi Instagram, silakan masuk ke halaman Profil.
  2. Setelah itu, geser tab ke bagian Reels.
  3. Di sana kamu bisa melihat kumpulan Draft Reels yang telah kamu simpan. Silakan pilih salah satu Reels jika ingin mempostingnya.
  4. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan proses pengeditan jika dibutuhkan. Jika tidak, kamu bisa langsung klik Selanjutnya untuk memposting video tersebut.
  5. Selesai.

Cara Menghapus Draft Reels yang Tersimpan

Mungkin saja kamu berubah pikiran dan memutuskan untuk tidak jadi memposting video Reels yang sudah kamu simpan di draft sebelumnya.

Jika begitu, maka kamu bisa menghapusnya dari daftar penyimpanan di dalam draft. Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Silakan buka halaman Profil Instagram kamu.
  2. Jika sudah, geser tab ke bagian Reels.
  3. Buka postingan video yang ingin kamu hapus dari dalam draft reels.
  4. Klik tombol Pilih yang ada di sudut kanan atas layar.
  5. Silakan pilih video mana saja yang ingin kamu hapus dari dalam draft.
  6. Jika sudah, klik tombol Hapus di bagian bawah.
  7. Setelah itu, notifikasi pop-up akan muncul. Pilih saja Hapus.
  8. Selesai.

Sampai di sini postingan video yang kamu simpan di dalam draft akan terhapusĀ dan tidak lagi disimpan. Jika ingin membuat postingan di reels, maka kamu harus membuat video lagi dari awal.

Kesimpulan

Cara melihat draft reels Instagram bukanlah hal yang sulit sebenarnya, tetapi akan cukup membingungkan jika masih baru dalam menggunakannya.

Silakan ikuti seluruh petunjuk di atas jika kamu ingin membuat postingan di reels. Manfaatkan juga fitur penyimpanan di draft jika memang dibutuhkan.