Sosmed  

Kenapa Foto Instagram Tidak Muncul di WhatsApp?

Kenapa Foto Instagram Tidak Muncul di WhatsApp

Mungkin kamu pernah bertanya, kenapa foto Instagram tidak muncul di WhastApp? Biasanya foto yang baru saja kita posting di Instagram akan tersimpan juga di Galeri sehingga kita bisa membagikannya menggunakan aplikasi Whatsapp saat ingin melampirkannya dalam percakapan.

Lantas, kenapa foto yang kita posting di Instagram terkadang ada di Galeri tetapi juga sering tidak tersimpan? Sebenarnya, foto yang kita posting di Instagram bisa kita atur apakah akan secara otomatis tersimpan di Galeri setelah mempostingnya atau tidak. Untuk mengaturnya, simak artikel berikut ini.

Kenapa Foto Instagram Tidak Muncul di Whatsapp?

Seperti sudah dijelaskan di atas bahwa foto yang kita posting di Instagram bisa kita atur untuk secara otomatis tersimpan ke Galeri HP atau tidak. Sayangnya, banyak pengguna Instagram yang belum tahu bagaimana mengaturnya. Berikut cara mengatasi permasalahan foto IG yang tidak tersimpan:

Agar foto yang kita posting di Instagram bisa langsung tersimpan secara otomatis di Galeri, maka kita hanya perlu mengaktifkan fiturnya di dalam menu pengaturan Instagram. Jika kamu ingin melakukannya, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, buka aplikasi Instagram yang ada di HP kamu.
  2. Setelah itu, silakan login ke akun Instagram milikmu.
  3. Jika sudah masuk, lanjutkan ke halaman Profil Instagram.
  4. Klik tombol Menu (tanda garis tiga di kanan atas), lalu pilih Pengaturan.
  5. Selanjutnya, pilih Akun.
  6. Kemudian pilih Postingan Asli.
  7. Silakan aktifkan opsi Simpan Foto yang Diposting.
  8. Selesai.

Dengan mengaktifkan opsi di atas, maka setiap kali kamu mengambil foto dari kamera Instagram atau mengedit foto dari Galeri, lalu mempostingnya di Instagram, maka foto tersebut juga akan otomatis tersimpan di Galeri. Dengan begitu, kamu juga bisa menggunakan foto tersebut melalui Whatsapp.

Jika opsi di atas tidak diaktifkan, tentu postingan yang sudah kamu buat hanya ada di aplikasi Instagram saja sehingga kamu harus mendownloadnya terlebih dahulu jika ingin membagikannya atau mengaksesnya dari Whatsapp.

Baca tips dan trik seputar WhatsApp dan hp Android melalui situs teknologi terpercaya seperti dilandro.id

Mengatasi Foto Tidak Muncul Saat Membuka Fitur Lampiran di Whatsapp

Pernahkah kamu mengalami kondisi yang mana foto yang akan diupload via lampiran Whatsapp tidak muncul dan hanya berupa gambar hitam atau tanda error saja. Perlu kamu ketahui, saat sedang memilih foto tersebut kita sedang mengakses folder Thumbnail di memory internal.

Oleh karena itu, jika folder thumbnail hilang atau dihapus, maka kita tidak bisa melihat foto atau video yang ada di dalamnya saat ingin menguploadnya di Whatsapp. Untuk mengatasinya, silakan simak petunjuknya di bawah ini:

  1. Silakan buka aplikasi File Manager di HP kamu.
  2. Masuk ke direketori memroy Internal.
  3. Setelah itu, buka folder DCIM. Sebelumnya, pastikan kamu sudah mengaktifkan opsi Show Hidden Files terlebih dahulu.
  4. Lihatlah di dalam folder DCIM, apakah ada folder .thumbnail di dalamnya. Folder ini berfungsi untuk menampilkan preview foto tanpa harus membukanya seperti saat scrol Galeri atau saat ingin mengupload sebuah foto ke IG atau Whatsapp.
  5. Jika folder .thumbnail masih ada, pastikan kamu tidak menghapusnya.
  6. Selesai.

Jika folder .thumbnail terhapus, maka kamu tidak akan melihat preview foto saat mengakses Galeri atau ingin mengupload foto di IG atau Whatsapp. Meski begitu, menghapus folder ini tidak akan menghilangkan foto utama dan folder ini bisa otomatis terbentuk jika kita membuka file foto di Galeri.

Kini kamu tahu alasan kenapa foto Instagram tidak muncul di Whatsapp. Dengan cara di atas, kamu bisa membuat foto-foto di Instagram bisa lagi terlihat di Galeri dan secara otomatis juga akan bisa diakses melalui aplikasi Whatsapp. Selamat mencoba!