Sosmed  

2 Cara Agar Kamera Zoom Tidak Mirror

Cara Agar Kamera Zoom Tidak Mirror

Secara default tampilan kamera di aplikasi Zoom dibuat menjadi mirror sehingga bagian kiri dari tubuh kita seolah menjadi kanan saat berada di kamera. Jika kamu tidak ingin menggunakan mode ini, kita bisa menggunakan cara agar kamera Zoom tidak mirror. Lantas, bagaimana melakukannya?

Pengaturan tentang kamera Zoom bisa dilakukan melalui HP maupun laptop dengan cara yang sebetulnya juga cukup mudah. Akan tetapi, bagi mereka yang masih baru menggunakan Zoom, cara ini mungkin akan sangat membingungkan. Untuk itu, silakan simak artikel ini sampai akhir untuk mengetahuinya.

Cara Agar Kamera Zoom Tidak Mirror

Bagi kamu yang ingin menonaktifkan fitur mirror pada kamera Zoom, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Jika kamu menggunakan Zoom dari HP, maka kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Zoom versi mobile. Jika menggunakan PC, maka kamu bisa menggunakan aplikasi maupun dari website.

1 – Cara Menonaktifkan Kamera Mirror Zoom di HP

Aplikasi Zoom yang ada di HP biasa digunakan oleh para siswa ataupun mahasiswa untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelasnya. Untuk menonaktifkan fitur kamera mirror di Zoom melalui HP, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan download aplikasi Zoom di Play Store terlebih dahulu jika belum memilikinya.
  2. Jika sudah, langsung jalankan saja aplikasinya.
  3. Silakan masuk ke akun yang sudah kamu buat atau klik Sign Up jika kamu belum membuat akun sebelumnya.
  4. Setelah masuk ke dalam aplikasi Zoom, silakan masuk ke Settings yang terletak di kanan bawah layar.
  5. Di dalam menu Setting, silakan pilih opsi Mirror My Video. Silakan geser tombol toggle ke arah kiri untuk mematikan fitur kamera mirror di aplikasi Zoom.
  6. Selesai.

Sekarang mode kamera akan menjadi normal dan tidak lagi berlaku mirroring sehingga tangan kiri kamu tidak akan terlihat seperti tangan kanan di mata orang lain.

2 – Cara Menonaktifkan Kamera Mirror Zoom di Aplikasi Zoom PC

Jika di HP kita bisa mengatur kamera Zoom secara langsung, maka di PC/laptop bisa dilakukan melalui aplikasi pihak ketiga. Aplikasi tersebut adalah Snap Camera yang bisa berfungsi untuk membalik kamera (flip). Untuk langkah-langkah lebih lengkapnya bisa kamu lihat di bawah ini:

  1. Pertama, silakan download dan install aplikasi Snap Camera terlebih dahulu. Pastikan PC yang digunakan sudah memenuhi ketentuan minimal untuk menginstall aplikasi tersebut.
  2. Jika sudah, restart terlebih dahulu PC/laptop kamu.
  3. Setelah laptop menyala kembali jalankan aplikasi Snap Camera.
  4. Setelah itu, carilah fitur Flip menggunakan fitur pencarian di dalam aplikasi Snap Camera tersebut.
  5. Selanjutnya, pilih opsi Selfie Flip.
  6. Jika sudah, silakan buka aplikasi Zoom dan bergabung ke dalam meeting.
  7. Setelah masuk ke dalam forum, silakan klik Shift + 6.
  8. Setelah itu, pilih opsi Video Settings.
  9. Pada bagian Camera, pilih opsi Snap Camera.
  10. Selesai.

Sampai di sini, pengaturan kamera di aplikasi Zoom kamu tidak lagi menggunakan mode mirror. Silakan lakukan ikuti pertemuan dalam Zoom dengan pengaturan kamera yang sudah diperbarui.

Sebenarnya kamu juga masih bisa mengaturnya melalui Zoom versi website, caranya hampir sama dengan menggunakan aplikasi Zoom versi desktop yang sudah dijelaskan di atas.

Cara agar kamera Zoom tidak mirror bisa dilakukan dengan kedua cara di atas, yaitu menggunakan HP dan juga laptop/PC. Silakan gunakan nonaktfikan fungsi mirror jika teman-teman kamu banyak yang menjadi bingung karena tidak bisa membedakan sisi kiri ataupun kanan kamu saat di kamera.