Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Saat Interview dan Jawabannya Bagi Pemula

  • Bagikan
Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Saat Interview dan Jawabannya Bagi Pemula

Gugup saat pertama kali interview kerja sangat wajar. Tidak masalah gugup barang sebentar, asalkan kamu bisa menjawab pertanyaan HRD dengan baik. Namun jika belum berpengalaman, kamu bisa mempelajari pertanyaan yang sering ditanyakan saat interview dan jawabannya bagi pemula.

Ya, dengan mempelajari pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan plus bagaimana cara menjawabnya dengan baik, kamu memiliki peluang besar untuk diterima kerja di perusahaan incaran. Gunakan referensi ini sebagai contoh, nanti bisa kamu kembangkan sendiri sesuai situasi dan kondisi.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Saat interview dan Jawabannya Bagi Pemula

1. Coba Deskripsikan Diri Anda dengan Singkat

Pertama kali kamu masuk ke ruangan interview, kamu akan disuruh untuk mendeskripsikan dirimu secara singkat. Ini adalah sesi pengenalan diri sebelum dilanjutkan ke pertanyaan-pertanyaan yang lebih spesifik.

Kamu bisa menyebutkan beberapa hal di bawah ini, seperti :

  • Nama
  • Asal
  • Pendidikan terakhir (program studi dan tahun lulus).

2. Apa yang Diketahui Tentang Perusahaan Ini?

Sepertinya, pertanyaan ini hampir selalu ada di setiap wawancara kerja. Jadi persiapkan dirimu dengan mencari tahu tentang perusahaan yang ingin kamu lamar tersebut.

Sangat aneh bukan jika tidak tahu menahu tentang perusahaan yang ingin kamu masuki? Karena itu, sebelum datang wawancara, pastikan kamu tahu seluk beluk perusahaan tersebut.

HRD atau pewawancara hanya ingin tahu seberapa paham kamu tentang visi dan misi perusahaan. Jadi, pastikan kamu menjawabnya dengan benar ya.

3. Kenapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami?

Pertanyaan ini wajib ada di setiap wawancara kerja, jadi persiapkan diri kamu dengan matang. HRD ingin tahu seberapa serius niatmu bergabung dengan perusahaan mereka.

Kamu bisa memberikan jawaban seperti ingin lebih produktif lagi, bawah perusahaan mereka sesuai dengan minat dan tantangan yang ingin kamu taklukkan dan rasa ingin memberikan kontribusi positif.

4. Apa Kelebihan dan Kekurangan Anda?

Jawab beberapa kelebihan yang kamu miliki, asal benar dan tidak mengarang. Kamu juga bisa menyebutkan beberapa kekuranganmu jika ada dengan sejujur-jujurnya.

5. Apakah Anda Mampu Bekerja Sama dengan Anggota Lain?

Namanya perusahaan, pasti punya beberapa karyawan di dalamnya. Dengan pertanyaan ini, HRD ingin tahu apakah kamu bisa bekerja sama dengan solid bersama karyawan lainnya.

Kamu bisa menjawab bahwa kamu bisa bekerja sama dengan orang lain sebagai satu tim. Jawab juga bahwa kamu suka sosialisasi, jadi tidak masalah untuk bersinggungan dengan orang lain.

6. Mampukah Anda Bekerja di Bawah Tekanan?

Setiap perusahaan mewajibkan karyawannya untuk bekerja sebaik mungkin agar bisa mencapai target yang mereka canangkan di awal. Jadi, HRD hanya akan menyeleksi karyawan yang benar-benar ingin memajukan perusahaan.

Kamu bisa menjawab bahwa kamu sangat bertanggung jawab dengan tugas yang akan kamu emban. Jadi tidak masalah bekerja di bawah tekanan sekalipun.

7. Bagaimana Sikap Anda Jika Menerima Kritikan?

Meskipun telah berusaha bekerja dengan baik, karyawan masih bisa salah. Jika ini terjadi, bos bisa mengkritik dan memberikan masukan.

Jadi, pastikan kamu menjawab bahwa kamu terbuka dengan semua kritikan yang masuk. Jawab juga bahwa kamu ingin berkembang dan introspeksi melalui kritikan yang membangun tersebut.

8. Bagaimana Sikap Anda Jika Menghadapi Masalah yang Besar?

HRD ingin tahu bagaimana caramu menyelesaikan masalah yang pelik. Kamu bisa menjawab bahwa apa pun masalahnya, kamu siap berusaha untuk menyelesaikan masalah tersebut hingga selesai.

9. Apa Rencana Anda untuk 5 Tahun ke Depan di Perusahaan Ini?

HRD ingin tahu sejauh mana kamu memikirkan masa depan perusahaan sekaligus jenjang karir yang kamu impikan. Usahakan untuk mendahulukan kemajuan perusahaan lalu jenjang karirmu.

Di atas adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan saat interview dan jawabannya bagi pemula. Pastikan kamu mempelajarinya dengan baik sebelum memenuhi panggilan interview.

  • Bagikan