Info  

5 Cara Mencari Sinyal Parabola yang Hilang

Cara Mencari Sinyal Parabola yang Hilang

Ada beberapa penyebab mengapa sinyal parabola hilang, misalnya saja karena cuaca seperti hujan deras. Saat hujan deras, terkadang kualitas sinyal bisa menurun hingga 0% (No Signal). Namun jangan khawatir, cara mencari sinyal parabola yang hilang sangat mudah.

Tidak bisa dipungkiri, meskipun sudah ada HP dan sumber hiburan lainnya, TV masih menjadi sumber hiburan yang sering digunakan. Nah, jika kamu mengalami masalah seperti ini, maka bisa mencoba beberapa solusi yang kami tawarkan di bawah ini.

Cara Mencari Sinyal Parabola yang Hilang

1. Cek Kabel

Saat sinyal parabola hilang bukan karena cuaca yang ekstrem, mungkin kamu harus mengecek kabelnya terlebih dahulu. Bisa jadi masalahnya ada pada kabel yang tidak terpasang dengan benar.

Karena itu, kamu bisa mencopot kabel parabola yang terpasang ke port receiver terlebih dahulu. Jika sudah, kamu pasangkan kembali dengan kuat dan benar.

Seharusnya, jika tidak ada masalah pada kabel, sinyal parabola akan muncul kembali. Jika tidak, pasti ada masalah dengan kabelnya, seperti berkarat, putus dan lain sebagainya.

Jika masalahnya ada pada kabel, mungkin kamu harus segera menggantinya dengan kabel yang lebih baru. Dengan kabel yang baru, tentunya sinyal parabola akan muncul kembali.

2. Cek LNB

Kamu juga bisa mengecek LNB, apakah bisa menangkap sinyal dengan baik atau tidak. Normalnya, intensitas sinyal di receiver sudah naik antara 40%-70%, meskipun belum tracking parabola.

Jadi, jika intensitas sinyal 0%, maka LNB yang bermasalah karena tidak bisa menangkap sinyal dengan baik. Terus bagaimana cara mengatasi hal ini?

Mudah, kamu bisa memasangkan LNB yang normal 100% ke receiver. Jika sinyal parabola muncul, berarti LNB lama rusak. Namun jika sinyal masih 0%, berarti kabelnya yang rusak.

3. Cek Switch DiSEqC

Terkadang, masyarakat lock 2 hingga 3 satelit dalam satu dish parabola. Nah, alat yang digunakan untuk memasang beberapa LNB adalah Switch DiSEqC.

Jika sinyal parabola hilang, bisa jadi kerusakannya terletak pada Switch DiSEqC. Kamu bisa mengecek apakah Switch DiSEqC masih berfungsi atau tidak dengan memasukkan LNB ke masing-masing port-nya.

Jika intensitas LNB 0%, maka ada kerusakan pada Switch DiSEqC. Namun jika hanya satu port saja yang tidak berfungsi, tidak perlu buru-buru mengganti Switch DiSEqC.

4. Atur Ulang Arah Parabola

Cara mencari sinyal parabola yang hilang juga bisa kamu lakukan dengan mengatur ulang arah parabola. Arah parabola memang bisa bergeser karena angin, hujan, termakan usia hingga ditabrak kucing.

Kamu bisa menggunakan aplikasi tracking seperti Dish Pointer dan Dish Director. Kamu tinggal memilih satelit, otomatis aplikasi akan menampilkan arah yang benar dan akurat berdasarkan Azimuth dan Elevasi.

Selanjutnya kamu tinggal pasang parabola dengan arah yang sesuai dianjurkan aplikasi. Lalu lakukan tuning manual untuk mendapatkan sinyal di atas 60% agar tidak mudah hilang ketika cuaca buruk.

5. Software Receiver Bermasalah

Sinyal parabola yang hilang juga bisa disebabkan karena software receiver yang bermasalah. Terkadang, software akan update otomatis menggunakan sinyal satelit.

Namun karena proses yang terganggu, software bisa corrupt alias rusak. Jadi wajar bila receiver tidak bisa menangkap sinyal parabola.

Cara mengatasinya adalah dengan mengembalikan setelan receiver ke setelan pabrik agar bisa kembali normal.

Cara mencari sinyal parabola yang hilang tidak sesulit yang selama ini kamu bayangkan bukan? Cukup lakukan beberapa tutorial di atas, dan sinyal parabola akan kembali muncul. Jadi tidak perlu khawatir ketinggalan acara TV favoritmu.