Info  

Ukuran Postcard Standar dan Contoh

Ukuran Postcard

Pernahkah kamu bertanya berapakah ukuran postcard sesungguhnya? Wajar jika banyak orang tidak tahu ukuran atau bahkan bentuk dari postcard itu sendiri karena postcard sudah jarang sekali digunakan. Meski begitu, postcard atau kartu pos memiliki ukuran yang sudah ditetapkan secara Internasional.

Sebelum membahasnya lebih jauh, kamu perlu tahu kegunaan dari benda satu ini. Kartu pos merupakan sebuah kertas tebal berbentuk persegi panjang yang digunakan untuk menulis pesan ucapan dan dikirim ke alamat tujuan. Biasanya digunakan untuk mengucapkan selamat ulang tahun atau hari besar.

Macam-Macam Ukuran Postcard dari Berbagai Negara

Perlu kamu ketahui, jika setiap negara memiliki standar ukuran sendiri untuk postcard yang digunakan. Meski begitu, ukuran standar yang berlaku secara Internasional juga pastinya ada. Berikut ini adalah beberapa ukuran pada postcard dari beberapa negara:

1 – Standar Ukuran Kartu Pos di Indonesia

Pada jamannya, kartu pos sering digunakan oleh orang Indonesia untuk memberi ucapan selamat kepada sanak saudaranya ketika momen hari besar seperti lebaran Idul Fitri, perayaan Natal, hari ulang tahun, dll. Untuk ukuran kartu pos yang berlaku di Indonesia adalah 4 x 6 inci.

Ukuran tersebut menjadi ukuran standar penggunaan kartu pos di Indonesia. Meski begitu, banyak orang yang memiliki persepsi sendiri dalam menentukan ukuran kartu pos tersebut. Ada yang menggunakan ukuran 3R, 4R, atau 9 x 13 cm.

Untuk itu, silakan sampaikan ukurannya secara detail jika kamu ingin membuat kartu pos sendiri di percetakan agar tidak terjadi perbedaan standar antara kamu dan perusahaan percetakan yang menangani pesananmu.

2 – Standar Ukuran Kartu Pos di Amerika

Lain di Indonesia, lain juga di Amerika. Standar ukuran postcard di Amerika tidak ditentukan dalam satu ukuran saja, tetapi ditentukan dengan ukuran minimal 5 x 3,5 inci dan ukuran maksimal 6 x 4,25 inci. Jika kartu tersebut memiliki ukuran di antara kedua batas tersebut, maka bisa dikategorikan postcard.

Pada praktiknya, pengiriman kartu dengan standar ukuran postcard di Amerika akan dikenai harga normal. Akan tetapi, jika ukuran yang digunakan melebihi batas di atas, maka si pengirim akan dikenai harga yang lebih tinggi. Meski begitu, penggunaan postcard sudah tidak sebanyak jaman dulu.

Penerapan standar kartu pos di Amerika sudah diterapkan di beberapa negara bagian seperti New York, Texas, Kanada, dll. Belum diketahui secara pasti apakah negara bagian yang lain menggunakan standar ukuran kartu pos yang sama atau tidak.

3 – Britania Raya

Di negara Britania Raya, lebih tepatnya Britania Lama, standar ukuran kartu pos yang diterapkan sempat berubah-ubah atau kira-kira sebanyak tiga kali negara ini melakukan perubahan standar ukuran pada kartu pos. Berikut adalah beberapa perubahan standar ukuran kartu pos di negara Inggris Lama:

  • Penetapan standar ukuran postcard yang pertama terjadi pada tahun 1825 dengan ukuran 5,875 x 1,25 inci.
  • Standar ukuran postcard berikutnya pada tahun 1889 dengan ukuran 5,5 x 3,5 inci.
  • Perubahan berikutnya terjadi pada tahun 1899 dengan ukuran 4,75 x 3,5 inci.

4 – Standar Ukuran Postcard Internasional

Terakhir, kali ini adalah ukuran kartu pos yang diakui secara Internasional dan berlaku untuk berkirim kartu pos antar negara. Besar ukurannya adalah 5,8 x 4,1 inci atau setara dengan ukuran kertas A6. Jika kamu ingin berkirim postcard dengan seseorang di luar negeri, maka ukuran ini bisa kamu gunakan.

Ukuran postcard memang bervariasi untuk setiap negara, tetapi ada standar Internasional yang harus diikuti jika ingin berkirim postcard antar negara. Meski sudah jarang digunakan, memberi ucapan atau sekedar berkirim salam dengan postcard akan memberi nilai lebih bagi penerimanya.