Cara Mengatasi Masalah API Dapodik LTMPT

  • Bagikan
API Dapodik LTMPT

Kamu memiliki kendala saat melakukan registrasi LTMPT? Jangan panik, kami punya solusinya untuk mengatasi masalah API Dapodik LTMPT yang error.

Tahun ajaran baru akan segera dimulai dan bagi siswa yang telah menyelesaikan pembelajarannya di kelas 3 SMA atau SMK pasti ingin mencari tahu informasi perguruan tinggi. Hal awal biasanya yang dilakukan adalah registrasi LTMPT alias Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi.

Karena register atau pendaftaran LTMPT ini sudah sangat mudah, yakni menggunakan metode online. Maka, tidak sedikit murid-murid tingkat akhir yang mencoba melakukan pendaftaran dan mengaksesnya. 

Sayangnya, tidak sedikit juga yang mengeluhkan ada sistem error dimana LTMPT ini bahkan tidak bisa diakses. Bagaimana caranya kamu mendaftar jika halamannya tidak responsif, bukan? Untuk itulah kamu harus menyimak baik-baik artikel berikut ini.

API Pusdatin Kemdikbud bermasalah?

Tenang, kamu bukan satu-satunya yang mengalami masalah ini. Bahkan sebagian besar orang yang mencoba mengakses halaman pendaftaran LTMPT juga mengalami hal yang sama.

Jawaban atau respon dari website tersebut saat kamu mencoba mengaksesnya adalah “sistem masih sinkronisasi” bukan? Jika benar, maka ini merupakan masalah tentang API Dapodik.

Namun apa sih API Dapodik tersebut? API sendiri merupakan singkatan dari Application Programming Interface alias sistem yang digunakan dalam sebuah program atau situs. Sedangkan Dapodik adalah Data Pokok Pendidikan.

Jadi, bisa disimpulkan jika letak permasalahannya adalah API Dapodik Kemdikbud. Jadi simpanan data pokok pendidikan yang dimiliki oleh kementerian pendidikan dan budaya lah yang bermasalah.

Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasi API Dapodik LTMPT

Tentu error ini ada penyebabnya dan tentu juga ada cara menyelesaikannya. Sebenarnya, penyebab dari pesan sistem masih sinkronisasi tersebut adalah pengunjung website yang terlalu banyak.

Kamu harus mengetahui bahwa server yang mengelola sebuah website memiliki kapasitas atau daya tampung untuk setiap pengunjung yang masuk.

Karena dalam satu waktu yang bersamaan banyak sekali yang mengunjungi situs tersebut. Sehingga kapasitas situs terlampaui dan servernya menjadi down. Nah, inilah yang menyebabkan API Dapodik LTMPT tersebut.

Tapi, bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Untuk mengatasinya tentu menghindari penyebab masalah tersebut. Jadi, tidak ada cara lain selain mencari waktu-waktu dimana orang lain tidak menggunakan atau mengakses situs tersebut.

Misalnya kamu harus menunggu hingga tengah malam atau di kala subuh dan pagi hari. Sebab, di waktu-waktu tersebut pasti sepi pengunjung dan error tersebut tidak muncul. Jangan akses di waktu-waktu sibuk lagi, ya!

  • Bagikan