Cara Menonaktifkan ShopeePaylater

Cara Menonaktifkan Shopeepaylater

Menggunakan Shopeepaylater di satu sisi bisa membantu kita mendapat barang dengan cara beli sekarang bayar belakangan. Akan tetapi, kemudahan tersebut terkadang bisa membuat kita menjadi boros. Oleh karena itu, diperlukan cara menonaktifkan Shopeepaylater agar kita tidak perlu berhutang lagi.

Bagi yang belum tahu, Shopeepaylater adalah salah satu layanan yang diberikan oleh situs belanja online Shopee kepada para penggunanya. Jika kamu adalah salah satu penggunanya dan merasa lebih boros setelahnya, maka kamu perlu menonaktifkan layanan ini. Simak artikel berikut untuk mengetahui caranya.

Apa Itu Shopeepaylater?

Seperti yang sempat dibahas sebelumnya, Shopeepaylater adalah salah satu layanan pembayaran yang disediakan oleh pihak Shopee kepada para penggunanya. Dengan layanan ini, kita bisa berbelanja lebih dulu dengan sejumlah pinjaman saldo dari Shopee.

Nantinya, kita bisa membayar pinjaman tersebut dengan cara dicicil dan ditambahkan dengan bunga yang sudah ditetapkan di awal. Dengan kata lain, layanan ini bisa dibilang sebagai layanan kartu kredit tetapi hanya bisa digunakan di marketplace Shopee atau merchant yang menjalin kerjasama dengan mereka.

Untuk limit pinjaman yang bisa diklaim cukup bervariasi dan akan berbeda jumlahnya antara pengguna satu dengan pengguna lainnya. Hal itu ditentukan oleh tingkat keaktifan pengguna di Shopee dan juga status akunnya. Rentang limit saldo paylater antara Rp 500 ribu sampai dengan Rp 50 juta.

Cara Menonaktifkan Shopeepaylater

Untuk mengatur layanan Shopeepaylater, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Shopee di Android ataupun melalui website. Kedua cara ini bisa kamu lakukan asalkan kamu terhubung ke internet. Berikut akan dijelaskan langkah demi langkah mengerjakannya:

1 – Melalui Aplikasi Shopee di HP

  1. Pertama, buka aplikasi Shopee di HP kamu.
  2. Setelah itu, silakan login ke akun Shopee yang ingin dinonaktifkan layanan Shopeepaylaternya.
  3. Jika sudah masuk, klik menu Saya yang terletak di sudut kana bawah layar.
  4. Setelah itu, klik menu Pengaturan.
  5. Selanjutnya, silakan pilih Ajukan Hapus Akun.
  6. Pilih opsi Alasan Hapus.
  7. Jika sudah, silakan pilih alasan penghapusan akun Shopee.
  8. Masukkan alamat email kamu yang masih aktif, lalu beri tanda centang untuk menyetujui syarat dan ketentuan penghapusan akun Shopee.
  9. Selanjutnya, klik Kirim.
  10. Selesai.

2 – Melalui Website Shopee di PC

  1. Silakan buka browser dan masuk ke situs Shopee.
  2. Login ke akun Shopee yang ingin dinonaktifkan fitur Shopeepaylaternya.
  3. Jika sudah, silakan masuk ke Pengaturan.
  4. Pilih opsi Ajukan Hapus Akun.
  5. Beri alasan penghapusan akun.
  6. Setelah itu, silakan konfirmasi dengan memasukkan alamat email.
  7. Jika sudah, kirim permintaan penghapusan akun ke pihak Shopee.
  8. Selesai.

Untuk bisa menonaktifkan layanan Shopeepaylater memang harus dilakukan penghapusan akun karena layanan tersebut sudah melekat dengan akun Shopee penggunanya.

Apa yang Terjadi Setelah Shopeepaylater Dinonaktifkan?

Jika kamu memutuskan untuk tidak lagi menggunakan Shopeepaylater, maka kamu tidak lagi bisa menikmati layanan-layanan berikut ini:

  • Jika kamu memiliki koin Shopee yang sudah terkumpul, maka koin tersebut akan hangus karena akun Shopee milikmu yang juga sudah terhapus.
  • Tidak bisa menonaktifkan Shopeepaylater jika masih ada transaksi yang belum selesai.
  • Semua transaksi yang pernah kamu lakukan akan tetap tersimpan dalam database, namun kamu tidak bisa melihatnya karena data tersebut akan digunakan oleh pihak SHopee untuk keperluan audit.
  • Tidak dapat melakukan pengajuan akun Shopee baru.

Dari pembahasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa cara menonaktifkan Shopeepaylater sebenarnya cukup mudah karena bisa dilakukan melalui HP maupun PC. Akan tetapi, risiko yang akan diterima juga tidak main-main, bahkan kita bisa ditolak jika ingin membuat akun Shopee yang baru.